/10 Jurusan Berprospek Gaji Besar di Indonesia

10 Jurusan Berprospek Gaji Besar di Indonesia

Selain minat dan kemampuan, salah satu alasan memilih jurusan di perguruan tinggi adalah prospek karir. Tanpa memungkiri minat dan bakat, tidak dapat disangkal fakta bahwa banyak orang memilih jurusan kuliah berdasarkan peluang kerja yang mereka miliki setelah lulus. Namun, terkadang siswa yang menginginkan gelar tidak sesuai dengan keinginan orang tua atau bakat dan minat pribadinya. Hal ini menyebabkan banyak mahasiswa yang semakin bingung dalam memilih jurusan. Namun terlepas dari kasus-kasus ini, siapa pun yang membutuhkan gelar sarjana akan berharap untuk hidup nyaman dengan pekerjaan yang stabil di masa depan

  1. Sains Data

Selain perkembangan teknologi, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan jasa profesional TI. Perusahaan membutuhkan lulusan ilmu data yang dapat mengubah data menjadi informasi. Mengingat perannya yang penting, tidak heran jika gaji di daerah juga tinggi. Gaji data scientist berkisar antara Rp 15.000.000 hingga Rp 40.000.000. Ini sangat menakjubkan. Beberapa universitas telah meluncurkan program ilmu data, antara lain Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

2. Informatika

Tidak hanya pakar sains data, perusahaan-perusahaan akbar pula poly membutuhkan pakar teknologi informasi (IT). Seperti diketahui, perkembangan IT telah meluas ke banyak sekali bidang kehidupan. Hampir seluruh perusahaan sudah memanfaatkan IT buat berbagi bisnis. Lantaran kiprah krusial pakar IT pada kinerja perusahaan inilah seseorang pakar IT sanggup mempunyai honor yg akbar . Gaji seseorang pakar IT sanggup mencapai antara Rp 15.000.000 hingga Rp 27.000.000. Beberapa perguruan tinggi yg membuka jurusan Informatika, diantaranya UNM, Universitas Telkom (Telkom-U), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Bina Nusantara (BINUS), & Institut Teknologi & Bisnis BRI (BRI Institute).

3. Bisnis Digital

Saat ini, sektor digital merambah ke berbagai bidang, termasuk dunia bisnis. Oleh karena itu, agar sebuah perusahaan dapat terus berkembang, perlu mengenal bidang bisnis digital. Sumber Daya Manusia (SDM) di Divisi Bisnis Digital juga menerima gaji yang cukup tinggi mulai dari Rp10.000.000 hingga Rp35.000.000. Universitas yang telah mendirikan jurusan bisnis digital antara lain BINUS, UNM, Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Prasetiya Muriya, dan BRI Institute.

4. Manajemen

Manajemen adalah salah satu jurusan kuliah yang paling populer. Hal ini masuk akal ketika perusahaan di berbagai bidang membutuhkan banyak lulusan manajemen. Perusahaan juga menawarkan gaji yang cukup besar bagi personel senior di bidang manajemen dengan kisaran gaji Rp 10.000.000-25.000.000. Rata-rata universitas di Indonesia juga telah membuka jurusan manajemen, seperti Universitas Sains dan Teknologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), ITB dan UNM.

5. Teknik Perminyakan

Selain kesulitan, gelar Teknik Perminyakan dikenal sebagai salah satu program gelar dengan potensi masa depan yang cerah bagi lulusan. Bekerja di sektor perminyakan memiliki kisaran gaji yang cukup lebar antara Rp10.000.000 hingga Rp40.000.000. Beberapa universitas menawarkan program studi teknik perminyakan, antara lain ITB, Universitas Trisacti, dan Universitas Pertamina.

6. Sistem Informasi

Perusahaan membutuhkan staf yang berkualitas untuk mendukung keputusan penting. Untuk itu, lulusan informatika bisnis dituntut untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kisaran gaji ahli IT berkisar antara Rp 7.000.000 hingga Rp 25.000.000. Departemen Sistem Informasi juga telah didirikan di beberapa universitas di Indonesia, antara lain UI, UNM, BINUS, BSI University dan BRI Institute.

7. Teknik Mesin

Di banyak industri, bisnis membutuhkan mekanik. Mata kuliah teknik mesin juga dipilih oleh lulusan SMK untuk memperdalam ilmunya di jenjang yang lebih tinggi. Gaji jurusan teknik mesin juga sangat menjanjikan, mulai dari Rp 7.000.000 hingga Rp 20.000.000. Universitas dengan jurusan teknik mesin antara lain Universitas ITB, UGM, UI, dan BSI.

8. Teknik Elektro

Seperti halnya gelar di bidang teknik mesin, banyak industri membutuhkan lulusan teknik elektro untuk menjalankan perusahaan. Lulusan teknik elektro sangat diminati dari sektor teknologi dan energi. Kisaran gaji tukang listrik juga sangat besar, mulai dari Rp 6.000.000 hingga Rp 15.000.000. Universitas yang menawarkan program studi teknik elektro adalah Universitas Brawijaya (UB), UI, ITB, dan Universitas BSI. Baca juga: Pakar Hukum Pidana UGM Sebut Antikorupsi Penurunan Alami

9. Ilmu Komputer

Keterampilan ilmu komputer adalah keterampilan yang dicari perusahaan. Banyak perusahaan sekarang mencari profesional komputer untuk memulai bisnis mereka. Profesional komputer dapat memiliki kisaran gaji Rp 6.000.000 hingga Rp 30.000.000. Ada beberapa universitas yang telah mendirikan jurusan ilmu komputer seperti UI, ITB, dan UNM.

10. Ilmu Komunikasi

Seperti halnya administrasi bisnis, ilmu komunikasi adalah mata kuliah yang sangat populer. Lulusan ilmu komunikasi memiliki kesempatan untuk bekerja di banyak bidang, mulai dari manajemen hingga periklanan. Tak heran, studi komunikasi dapat ditemukan di banyak universitas, antara lain UGM, ITB, UI, BSI University, dan banyak lagi. Kisaran gaji lulusan ilmu komunikasi juga sangat besar, mulai dari Rp 6.000.000 hingga Rp 12.000.000.